MASHA ALLAH !!! TERNYATA MENIUP MINUMAN PANAS ITU DI LARANG DALAM ISLAM ...TOLONG BANTU SHARE Y ARTICEL INI SANGATLAH PENTING

Masha Allah, Ternyata Meniup Minuman Panas Itu Di Larang Dalam Islam, Ini Sebabnya yang Akan Membuat Anda Merinding Membacanya. Salah satu adab makan adalah dilarang bernafas didalam wadah dan juga dilarang meniup-niup saat minum. Adab ini kadang tak di perhatikan oleh kita karena ingin buru-buru segera menikmati minuman yg sedang panas. Padahal menanti sebentar atau tanpa ada meniup-niup, itu lebih selamat bahkan lebih sehat. Karena perlu di ketahui bahwa saat meniup-niup seperti itu, sejatinya yang keluar adalah udara yg tidak bersih. Dengan alasan inilah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarangnya.
.


Dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata,
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang meniup-niup saat minum. Seseorang berkata, “Bagaimana jika ada kotoran yg aku lihat didalam wadah air itu? ” Beliau bersabda, “Tumpahkan saja. ” Ia berkata, “Aku tidak dapat minum dengan satu kali tarikan nafas. ” Beliau bersabda, “Kalau begitu, jauhkanlah wadah air (tempat mimum) itu dari mulutmu. ” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)
.
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari bernafas didalam wadah air (bejana) atau meniupnya. ” (HR. Tirmidzi). Artinya saat minum dilarang mengambil nafas dalam wadah. Yang dibolehkan adalah bernafas diluar wadah. Sedangkan meniup-niup saat minum -sebagaimana kata Ibnu Hajar- itu lebih parah dari sekedar bernafas didalam wadah.
.
Syaikh Muhammad bin Sholeh Al ‘Utsaimin mengatakan bahwa ketika seseorang meniup-niup, maka yg keluar adalah udara yang kotor. Oleh karenanya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang melakukan seperti itu.
.
Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengatakan bahwa jika ada yg


tidak dapat minum dengan satu tarikan nafas, maka ia bisa minum lalu bernafas setelah itu diluar wadah, lalu minum kembali. Kata Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, sebagian ulama menyatakan ketika butuh tidak mengapa
meniup minuman yg sedang panas biar cepat dingin. Mereka memberikan keringanan dalam hal ini. Akan tetap kata Syaikh Ibnu ‘Utsaimin, tetap berpendapat bahwa minuman panas tidak ditiup seperti itu. Sebenarnya bisa mendinginkan minuman dgn menuangkan minuman panas ke wadah lain lalu membaliknya kembali.
.
Semoga kita bisa menerapkan adab ini dalam kehidupan sehari-hari.
.
Via @rumayshocom

Fakta ilmiah tentang larangan meniup makanan/minuman
Subbahanallah. Dalam Islam, kebiasaan ini tidak dibenarkan oleh Nabi sekitar 14 abad lalu atau sekitar tahun 550an masehi. Ternyata, larangan itu mengandung hikmah dalam ilmu pengetahuan yang baru di teliti di era kontemporer-modern sekarang ini.

Bahaya asam karbonat
Fakta ilmiah pertama, bahwa bertemunya H2O (air dalam gelas) dengan karbondioksia atau CO2 (udara yang kita tiupkan melalui mulut) akan menghasilkan asam karbonat atau H2CO3.

Nah jika senyawa kimia ini masuk kedalam perut kita bisa menyebabkan penyakit jantung. Bagaimana? Masih ingin meniup minuman panas?

Partikel berbahaya
Didalam mulut kita terdapat partikel berbahaya. Apakah itu? Sisa-sisa makanan dalam mulut akan membusuk sehingga menyebabkan bau mulut tak enak. Bau ini apabila ditiupkan dalam air panas yang akan kita minum, maka akan menempel serta sangat tidak baik jika kita minum lagi.

Mikro organisme
Selain itu, didalam mulut terdapat mikro organisme tak kasat mata yang bersifat mutualisme (baik) dan juga ada yang patologi (buruk). Maka, makhluk kecil tak kasat mata dalam mulut akan menempel pada makanan panas apabila kita tiup dan kemudian masuk kedalam perut. Bukankah ini berbahaya?

Demikian tiga fakta ilmiah mengenai larangan meniup minuman atau makanan panas dalam Islam yang acapkali kita lakukan sehari-hari. Kalau gosok gigi sampai bersih lalu kumur-kumur pakai obat kumur bagaimana? Tetap saja, sebaiknya ikuti hadis dari Rasulullah yang beberapa jelas sangat baik jika kita mengikutinya. Pun, kebiasaan tidak meniup makanan panas menjadi bagian dari sunah nabi. Subhanallah. 
 
 
CAR,FOREX,DOMAIN,SEO,HEALTH,HOME DDESIGN
0 Komentar untuk "MASHA ALLAH !!! TERNYATA MENIUP MINUMAN PANAS ITU DI LARANG DALAM ISLAM ...TOLONG BANTU SHARE Y ARTICEL INI SANGATLAH PENTING"

Back To Top